Rabu, 22 Juni 2016

Sengkaling



Taman Rekresi Sengkaling berada Jl. Mulyoangung No.188 , Kecamatan Dau , Kabupaten Malang. Letaknya sangat strategis karena berada di daerah perbatasan antara Malang dan Batu. Taman Rekreasi Sengkaling pertama kali didirikan pada tahun 1950 oleh seorang warga Belanda bernama Mr. Coolman. Tahun 1975 sampai awal Mei 2013, pengelolaan Taman Rekreasi Sengkaling diambil alih oleh PT. Bentoel Group. Pada awal beroperasinya, taman ini hanya diperuntukkan bagi karyawan PT. Bentoel hingga pada akhirnya dibuka untuk umum. Sejak bulan Mei 2013 lalu, Sengkaling diambil alih pengelolaannya oleh Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). Rencananya ke depan Taman Rekreasi Sengkaling akan dilengkapi dengan laboratorium dan hotel.



Konsep dasar Taman Rekreasi Sengkaling adalah sebagai tempat wisata keluarga yang bernuansa alam dan menonjolkan air sebagai fungsi utamanya. Salah satu yang menarik dari tempat wisata ini adalah airnya yang berasal dari sumber alami pegunungan. Konon, salah satu sumber yang ada yaitu Kolam Tirta Alam, dipercaya bisa membuat orang awet muda. Sampai saat inipun masih banyak masyarakat yang mempercayainya.Meskipun tak selengkap Jatim Park 1 dan Jatim Park 2, Sengkaling memiliki beberapa wahana permainan yang tak kalah menarik.  Adapun wahana dan fasilitas di objek wisata ini antara lain 5 unit kolam renang (air panas dan air dingin), 2 unit gedung serbaguna (function room), 13 unit permainan (boom-boom car, sepeda air, bumper boat, kiddy train, dan lain-lain), 2 unit restoran, halaman parkir yang luas dan teduh,fitness centre, dan 2 unit lapangan tenis. Di Sengkaling kita juga bisa menyaksikan beberapa  koleksi satwa. Ada juga danau buatan yang berpanorama indah dengan viewpepohonan rindang di sekitarnya. Jika ingin menikmati danau ini, Anda dapat mengelilinginya dengan menggunakan sepeda air atau perahu dayung. Rumah makan dengan berbagai menu juga banyak terdapat di taman rekreasi ini. Selain itu, Taman Rekreasi Sengkaling juga memiliki fasilitas pendukung berupa aula Bougenville Room yang berkapasitas 700 orang. Aula ini dapat Anda sewa untuk mengadakan pesta pernikahan, ulang tahun, atau acara-acara lainnya.
Taman rekreasi ini tidak pernah sepi pengunjung, khususnya saat akhir pekan atau hari libur. Biasanya pada hari-hari besar atau liburan panjang Taman Rekreasi Sengkaling menghadirkan pertunjukan musik. Objek wisata ini buka setiap hari dengan jam operasional mulai pukul 06.00 hingga pukul 17.00 WIB. Khusus hari Sabtu, Minggu dan Hari Besar beroperasi pukul 06.00 – 20.00 WIB.
Taman Rekreasi Sengkaling menyediakan beberapa jenis tiket terusan bagi para pengunjung.   Tiket masuk biasa adalah Rp 15.000, belum termasuk harga tiket untuk masing-masing wahana. Tiket terusan untuk orang dewasa yaitu Paket Pinishi seharga Rp 30.000. Dengan tiket ini, pengunjung sudah bisa menikmati beberapa wahana seperti kapal misteri, sepeda air, dunia ikan, kincir angin, pesona primitif, bom-bom car, Volcano Adventure, Expression Zone, perahu motor, goa salju, dan Merry Go Round. Sedangkan tiket terusan untuk anak-anak usia 3 tahun ke atas yaitu Paket Kano seharga Rp 25.000. Paket ini meliputi wahana kolam pesona primitif, bom-bom car, perahu motor, kincir angin, Merry Go Round, kiddy trainkiddy car dan kiddy plane.


kunjungi laman

Tidak ada komentar:

Posting Komentar